Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog
bijouxenpierres

Paket Wisata Sewa Mobil Solo ke Makam Joko Tingkir di Sragen

May 10 2016 , Written by Shestiyaw

Paket Wisata Sewa Mobil Solo ke Makam Joko Tingkir di Sragen

Kami sebagai jasa sewa mobil Solo berkomitmen untuk mengantar Anda sampai ke tempat tujuan. Kali ini, kami kembali akan merekomendasikan tujuan wisata budaya yang masih terletak di kawasan Karisidenan Surakarta yaitu makam Joko Tingkir.

Joko Tingkir yang dikenal sebagai Sultan Hadiwijaya (bergelar Sultan Pajang)hingga kini belum jelas dikebumikan di mana. Masyarakat meyakini ada dua tempat yang menjadi peristirahatan terakhir orang nomor satu di Kerajaan Pajang itu. Makam pertama berada di Kota Gede sedangkan makam kedua berada di Sragen. Makam yang ada di Sragen tepatnya di Desa Butuh, Kecamatan Plupuh. Anda dapat mengunjungi tempat ini dengan jasa sewa mobil Solo IxoTransport.

Adanya makam kembar untuk satu orang itu memang di luar akal manusia. Namun, kepercayaan masyarakatlah yang membuat semua ini terjadi.

Makam Jaka Tingkir berada di tengah hutan, jauh dari kebisingan kota. Dari Kota Solo, makam Joko Tingkir terletak sekitar 10 kilometer ke arah timur laut. Akses jalan ke makam cukup menantang, terutama sekitar empat kilometer dari kompleks pemakaman. Anda akan mendapati banyak jalan sempit dan berlubang-lubang. Anda dapat memanfaatkan sewa mobil Solo IxoTransport untuk menuju makam Jaka Tingkir.

Sebuah masjid sederhana bisa ditemukan di makam Jaka Tingkir. Kompleks pemakaman terletak di tengah hutan sehingga teduh. Anda diharuskan melepaskan alas kaki jika hendak masuk ke bagian dalam kompleks pemakaman.

Kompleks pemakaman itu terdiri dari 20 pusara namun hanya sembilan pusara yang ada di dalam rumah tua. Joko Tingkir dipercaya dikebumikan di bagian tengah rumah. Ki Kebo Kenanga dan Nyi Kebo Kenanga, orang tua Joko Tingkir, juga dikebumikan di dalam rumah itu.

Sebuah kotak kaca yang berisi batang kayu tua keropos diletakkan di halaman kompleks pemakaman. Joko Tingkir diyakini menggunakan batang kayu tua itu untuk pergi ke Butuh lewat Bengawan Solo. Pada abad ke-16, dia berguru kepada Ki Ageng Butuh. Ki Kebo Kenanga dan Ki Ageng Butuh berguru kepada seorang tokoh sufi, Syekh Siti Jenar. Siti Jenar dihukum mati oleh Wali Songo.

Makam Joko Tingkir di Sragen ini sering dikunjungi oleh masyarakat, dari warga biasa hingga pejabat pusat. Beberapa orang menjadikan kompleks pemakaman ini lokasi khusus untuk bersemedi karena dianggap keramat. Ada pula yang mengunjungi makam untuk sekadar nyekar atau menaburkan kembang ke pusara.

Orang-orang percaya bahwa dalam tradisi Jawa dahulu, tidak sembarang orang bisa menjadi raja. Mereka harus kejatuhan wahyu kedaton atau anugerah dan kekuatan adikodrati.Seorang raja harus dapat membina hubungan kontinu dengan penguasa alam gaib.

Untuk mengunjungi kompleks makam Joko Tingkir, silakan hubungi jasa sewa mobil Solo.

Share this post

Repost 0

Comment on this post