Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog
bijouxenpierres

Sewa mobil solo jogja semarang ke Candi Abang : Candi yang Berdiri Megah di atas Bukit Teletubbies

April 28 2016 , Written by Shestiyaw

Sewa mobil solo jogja semarang ke Candi Abang : Candi yang Berdiri Megah di atas Bukit Teletubbies

Candi Abang berada di Dusun Sentonorejo, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman, Yogyakarta. Meskipun candi ini sudah tidah utuh lagi, perbukitan di tempat candi ini berdiri membantunya agar terus diingat setiap insan manusia. Sisa-sisa Candi Abang masih berdiri kokoh di puncak bukit yang mirip bukit Teletubbies itu. Bahan candi terbuat dari batu bata kuno.

Candi Abang mempunyai alas berukuran 36 x 34 meter. Karena candi ini sudah tidak utuh lagi bagian atasnya, hingga kini, belum diketahui secara pasti berapa tinggi candi yang sebenarnya. Candi ini mempunyai sumur di bagian tengahnya. Candi yang keseluruhannya berbentuk piramida ini mempunyai tangga masuk yang terbuat dari gamping. Batu-batu andesit yang tersebar di sekitar candi belum diketahui fungsinya.

Menurut catatan Perpustakaan Nasional, Candi Abang dibangun sekitar abad kesembilan atau abad kesepuluh, tepatnya di jaman Kerajaan Mataram Kuno. Nama Candi Abang didapat dari material batu bata yang berwarna merah. Seperti diketahui, abang dalam bahasa Jawa berarti “merah”.

Tidak seperti candi lainnya, dari kejauhan, Candi Abang hanya berbentuk seperti gundukan tanah berumput atau bukit kecil. Hal ini terjadi karena saat ini candi tersebut ditumbuhi rerumputan.

Saat pertama kali ditemukan, di dalam Candi Abang ada sebuah arca dan alas yoni, lambang dewa Siwa. Alas yoni tersebut berbentuk segidelapan, tidak segiempat seperti biasanya. Sisi-sisinya berukuran 15 sentimeter. Sisa candi telah terkubur di dalam tanah sehingga sangat sulit melihat relief-relief yang ada.

Banyak orang beranggapan bahwa Candi Abang sebenarnya hanyalah tempat penyimpanan harta karun.Karena rumor inilah, Candi Abang sering sekali dirusak oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Tujuan mereka hanyalah mencari harta peninggalan sejarah dan barang-barang berharga. Terakhir kali, Candi Abang dirusak pada November 2002.

Keunikan Candi Abang terletak pada material pembuatannya yang menggunakan batu bata merah. Candi-candi di Jawa Tengah umumnya menggunakan batu andesit sebagai material pembangun candi. Batu andesit adalah batu beku vulkanik yang didapat dari muntahan gunung berapi, contohnya Gunung Merapi. Batu andesit lebih tahan lama daripada batu bata merah. Namun, sebagai “kompensasinya”, batu andesit harus ditambang karena letaknya terpendam di dalam tanah.

Ketahanan batu andesit sebagai material bangunan sudah terbukti dengan adanya penemuan Candi Sambisari di Sleman, Jogja. Sewaktu ditemukan, candi ini sudah bertahun-tahun tertutup lahar Merapi. Akan tetapi, saat ditemukan, candi ini masih dalam keadaan yang utuh meskipun tidak sempurna.

Candi Abang yang hanya menggunakan material batu bata merahkini kondisinya sudah tidak utuh lagi. Hal ini juga dialami oleh candi-candi di Jawa Timur yang terbuat dari batu bata merah. Padahal, diperkirakan Candi Abang dan candi di Jawa Timur usianya lebih muda dibandingkan dengan candi di Jawa Tengah. Hubungi docar untuk menggunakan jasa sewa mobil jogja solo semarang

Share this post

Repost 0

Comment on this post